Kiat sukses bisnis online dengan affiliate marketing

Kiat sukses bisnis online dengan affiliate marketing
Pada dasarnya affiliate marketing merupakan model bisnis penjualan berbasis komisi. Affiliate marketing adalah bisnis perantara dengan mendapatkan imbalan berupa komisi, tugas dari perantara adalah mencari pembeli dan membawanya ke pemilik produk atau toko online dari produk tersebut. Setelah transaksi maka perantara akan mendapatkan komisi yang besarnya sesuai dengan kesepakatan awal dengan pemilik produk. Biasanya komisi yang ditawarkan cukup besar 50%-50% atau 70%-30%.

Untuk memulainya, Anda bisa mendaftar sebagai affiliate marketer dari sebuah Vendor Produk (merchant) untuk mendapatkan ID afiliasi. Merchant ini bisa berupa suatu perusahaan maupun suatu individu. Selanjutnya Anda mendapatkan sebuah Link Afiliasi yang berisi link URL alamat website milik si pemilik produk, dan pada link tersebut sudah mengandung suatu kode khusus ID Afiliasi Anda. Kemudian ketika Anda mempromosikan link tersebut, dan siapapun yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan transaksi, maka Anda mendapatkan komisi.

Contoh beberapa merchant afiliasi dalam bentuk perusahaan antara lain:
RATAKAN.COM, AMAZON.COM, CLICKBANK.COM, JVZOO.COM, LAZADA.CO.ID, dl.

Affiliate marketing merupakan model bisnis online yang cukup mudah untuk dijalankan terutama bagi pemula. Affiliate marketing banyak peminatnya karena bisa mendatangkan passive income. Passive income atau penghasilan pasif akan bisa Anda nikmati setelah memiliki website afiliasi. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengirim traffic pengunjung melalui link afiliasi Anda ke website pemilik produk. Dan dengan sistem affiliate marketing ini, si pemilik produk atau jasa akan menangani pemesanan secara langsung.

Singkatnya, langkah-langkah menjadi affiliate marketer adalah sebagai berikut :
  • Tentukan produk yang akan Anda pasarkan. Kenali dengan mendetail produk tersebut.
  • Daftarkan diri Anda sebagai affiliate marketer
  • Buatlah website afiliasi
  • Promosikan link afiliasi Anda
  • Promosikan produk
Kiat sukses Affliate Marketing :

Buat website khusus untuk promosi produk afiliasi
Untuk affiliate marketing sebenarnya tidak harus membuat website. Biasanya Anda sudah dibekali landing page. Tinggal Anda promosikan link afiliasi Anda. Jika Anda ingin optimal Anda bisa membuat link khusus produk afiliasi, gunanya menangkap target market yang lebih spesifik. Dan Anda tampil lebih professional.

Produk Gratis
Biasanya produk gratis berupa ebook. Anda bisa membuat dan membagikan produk gratis kepada pengunjung website Anda. Gunanya untuk membangun list building dan menyisipkan link afiliasi Anda di ebook gratis tersebut. Pilihlah Produk Gratis yang terkait dengan produk afiliasi Anda.

Mendatangkan Trafik Target
Inilah tugas Anda mendatangkan trafik. Buatlah konten-konten yang berkualitas di website Anda. Terutama yang masih berkaitan dengan produk afiliasi Anda. Sehingga pengunjung yang datang benar-benar tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.

Review Produk
Tulislah artikel berupa ulasan produk afiliasi yang Anda tawarkan. Sisipkan link afiliasi Anda didalamnya. Tulislah secara jujur kelebihan dan kekurangan dari produk yang Anda tawarkan. Sehingga calon customer Anda bisa menimbang dan memutuskan untuk membeli atau tidak. 

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post