Teknik Jitu Meningkatkan CTR Facebook Ads

Teknik Jitu Meningkatkan CTR Facebook Ads
Apa itu CTR? CTR (Click Through Rate) adalah bilangan yang digunakan facebook ads untuk menentukan relevansi dan skor sesaat setelah iklan mulai ditayangkan atau dengan kata lain persentase banyaknya jumlah klik berbanding jumlah tayang iklan.

CTR = (jumlah klik/jumlah impressi)%
Contoh :
  • Iklan A tayang 500x dengan jumlah klik 50x, CTR 10% 
  • Iklan B tayang 500x dengan jumlah klik 5x, CTR 1 %
Dilihat dari contoh diatas maka harga per klik iklan B 10x lipat lebih mahal dibandingkan iklan A. Hal ini karena jika harga per klik iklan A Rp. 1, ads network akan mendapatkan uang Rp. 100 per 500 impressi. sedangkan iklan B haruslah Rp. 10 agar ads network juga mendapatkan Rp. 100 per 500 impressi.

Mengapa perlu mendapatkan CTR tinggi? Karena semakin tinggi CTR, semakin rendah CPC. Semakin rendah CPC semakin tinggi ROI (Return Of Investment). Inilah alasan perlunya CTR tinggi :
  1. CTR tinggi menunjukkan bahwa iklan kita berkesan dan mendapatkan perhatian pengguna facebook, iklan yang berkesan mendapatkan jumlah klik yang tinggi;
  2. CTR tinggi membantu mendapatkan biaya iklan yang lebih murah;
  3. Semakin tinggi CTR, potensi keuntungan jualan anda juga meningkat.
Berikut ini 7 teknik yang bisa digunakan untuk mendapatkan CTR tinggi :

Gunakan Promoted Post Ads. Salah satu jenis iklan facebook dimana kita mengiklankan postingan fanpage untuk dilihat audience. Postingan akan diprioritaskan tampil di news feed. 

Gunakan Penawaran CPC. CPC (Cost Per Click) paling sesuai untuk mendapatkan CTR tinggi jika dibandingkan CPM (Cost Per Thousand Impression) atau autoCPM yang mendapatkan audience yang banyak dalam waktu singkat tapi tingkat kliknya rendah. CPC lebih efektif. 

Optimasi Image + Call to Action Button. Gunakan gambar iklan yang jelas, relevan dan menarik sehingga mendapatkan perhatian audience. Perhatikan pula hak cipta gambar yang akan anda gunakan. Gambar iklan berpengaruh besar terhadap jumlah klik. Dalam aturan facebook ads memang tidak memperbolehkan adanya text pada gambar dengan porsi lebih dari 20%, tetapi ini tidak menutup kemungkinan jika anda ingin menyisipkan tombol 'Call to Action' pada gambar iklan anda.

Pilih Target Audience yang Spesifik. Semakin spesifik audience yang anda targetkan maka semakin kecil jumlahnya dan semakin tinggi CPR yang didapatkan. Yang perlu anda perhatikan layer untuk iklan maksimum 4 layer. 2 layer utama yang harus anda pilih untuk menentukan target audience adalah lokasi dan range usia. Selanjutnya pilihlah layer sesuai kebutuhan anda. Misal : anda iklan penawaran produk anti aging, pilihlah wanita dengan rentang usia 30-50th. Jika target audience anda tidak tepat maka CPR akan rendah dan berarti biaya iklan anda akan semakin mahal. 

Pilih Newsfeed Mobile. Ada 4 placements yang tersedia di facebook ads yakni, Audience Network, Desktop Right Column, Desktop News Feed dan Mobile News Feed. Untuk meningkatkan CTR pilihlah tipe Desktop News Feed dan Mobile News Feed. Lebih disarankan gunakan Mobile News Feed karena saat ini pengguna facebook lebih banyak online melalui smartphone/mobile ketimbang melalui desktop.

Pilih promosikan ke fans saja. Promosikanlah iklan anda ke fans anda saja agar CTR tinggi. Hal ini karena mereka telah mengenal fanspage anda. Lebih mudah bagi mereka untuk mengklik iklan anda.

Setup Conversion Website. Facebook lebih memprioritaskan audience yang sebelumnya telah melewati tracking pixelyang lain sebagai target audience sebuah kampanye dengan pilihan objective 'website conversion'. Website Conversion merupakan objective terbaik dari seluruh pilihan yang disediakan facebook. CTR memang penting dalam facebook ads tapi yang membuat iklan anda berhasil adalah semakin besar keuntungan yang anda peroleh dari iklan anda.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post