Free Traffic (Gratis) vs Paid Traffic (Berbayar)

Free Traffic (Gratis) vs Paid Traffic (Berbayar)
Kalau anda ditanya, lebih suka yang mana, yang Gratis atau Bayar? Pasti semuanya pilih Gratis. Tapi kalau untuk traffic, suka yang Gratis atau Bayar? Pilihan ada pada diri anda sendiri, mana yang dirasa lebih cocok untuk anda. Sebelum menentukan pilihan. Mari kita kenal lebih dekat dengan traffic gratis dan traffic berbayar.Kita harus bijak dalam memilih sumber traffic agar hasilnya lebih maksimal.

Free Traffic (Gratis) Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan pengunjung traffic pengunjung blog/ website secara gratis (Free Traffic) :

Blog Walking Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut.

Melalui Situs Social Bookmarking Website social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Pada perkembangannya, website social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan traffic.

Melalui Situs Social Media Pertumbuhan pengguna media sosial mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ditambah lagi perkembangan smartphone sudah sangat pesat. Kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun di media sosial, tentunya ini adalah potensi traffic yang cukup besar bagi kita pemilik blog/ website. Banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan traffic adalah Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, LinkedIn, Pinterest, dll.

Melalui Situs Forum Situs forum diskusi sering digunakan para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan traffic menuju blog/ website bisnis mereka. Ada banyak situs forum yang memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature para member mereka. Manfaatkanlah dengan sebaik mungkin. Beberapa forum yang direkomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlinks adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Masih ada banyak forum yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan referral traffic, fokuslah pada beberapa forum yang paling potensial untuk bisnis Anda.

Guest Posting di Blog Lain Banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/ konten dan memasang link di blog mereka. Tentunya artikel/ konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. 

Cara-cara diatas memberi dampak yang baik bagi SEO website anda. SEO yang baik tentunya akan memungkinkan website kita akan mendapatkan trafik gratis dari search engine, misalnya Google.

Keuntungan Traffic Gratis : yaitu GRATIS, anda tidak perlu keluar budget untuk dapatkan traffic
Kelemahan Traffic Gratis :
  1. Memakan waktu yang lama
  2. Hasilnya tidak bisa cepat
  3. Sulit untuk dilipatgandakan
  4. Seringkali perubahan yang terjadi menghialangkan seluruh usaha yang telah anda lakukan
Traffic Gratis membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika anda berupaya mendapatkan ranking tinggi di google maka anda harus menginvestasikan banyak waktu dan tenaga. Hasilnya tidak bisa cepat. Kadang kala butuh waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Kesabaran anda benar-benar diuji. Tapi yang paling bikin kesal adalah ketika google mengupdate algortimanya dan hal ini sering terjadi. Jika tidak sesuai dengan algortima google maka website ada bisa lenyap dari halaman. Namanya usaha butuh konsistensi. Jika anda benar-benar tekun berupaya dengan traffic gratis maka pada akhirnya akan menghasilkan.

Paid Traffic (Berbayar)
Beberapa media memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan traffic, namun media yang memang benar-benar efektif dan sesuai dengan target internet marketing anda. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan traffic pengunjung blog/website dengan cara berbayar:

Memasang Iklan Di Situs Media Sosial Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Iklan facebook memiliki fitur yang lengkap dibandingkan dengan Bing Ads dan Google Adwords. Karena facebook memberikan anda fasilitas untuk gambar dan target audienceyang spesifik. Dan ini sangat membantu bagi para pengiklan.Di Facebook Ads kita bisa memilih target audience yang sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang. Memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah dilakukan. Kita bisa mengatur berapa budget yang ingin kita keluarkan untuk sebuah klik iklan, dan kita juga bisa mengatur target audience yang sesuai dengan bisnis kita serta bisa mengontrol menjadwal pemasangan iklan.

Memasang Iklan PPC Google Adwords adalah perusahaan penyelenggara media iklan PPC yang paling terkenal saat ini. Keunggulan dari Google Adwords adalah iklan yang sangat powerfull. Anda akan mendapatkan traffic yang tertarget. Yup, google menguasai 80% market dunia. Sehingga anda bisa memasang iklan apasaja untuk kata kunci apasaja. Dan kalau ditanya trafficnya itu sangat luar biasa.
3. Memasang Iklan di Situs Iklan Baris Online
Cara lain untuk mendapatkan trafik ke blog/ website bisnis adalah dengan memanfaatkan situs iklan baris.

Kelemahan Traffic Berbayar : harus BAYAR, anda perlu mengalokasikan budget anda untuk iklan
Keuntungan Traffic Berbayar :
  1. Bisa dengan cepat dilakukan
  2. Hasilnya cepat terlihat
  3. Mudah dilipatgandakan dengan menambah biaya iklan
  4. Perubahan yang terjadi biasanya perubahan yang positif karena ada fitur-fitur baru yang membuat iklan lebih optimal
Traffic berbayar yang paling efektif adalah facebook Ads dan Google Adwords. Agar iklan anda optimal sebaiknya belajarlah pada mereka yang telah berpengalaman dalam hal ini. Sehingga budget yang anda keluarkan setimpal dengan hasil yang anda harapkan. Jika anda berpikir untuk menghemat budget iklan dengan menggunakan voucher facebook ataupun adword, saya sarankan untuk menjauhkan pikiran tersebut. Voucher sangat tidak disukai facebook maupun google. Sama saja dengan anda mencoba mengakali mereka. Alhasil anda akan diblokir.

Apapun pilihan anda, mau traffic gratis ataupun berbayar, andalah yang menentukan mana yang lebih sesuai untuk anda jalankan. Bagi pemula biasanya akan menjalankan Traffic Gratis. Bagi expert yang telah mengerti pola bisnisnya akan lebih memilih Traffic Berbayar. Karena perkembangan bisnis online menjadi lebih cepat. Baik Traffic Gratis maupun Berbayar keduanya bagus jika dilakukan dengan benar.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post