Cara Jitu Menaikkan Omzet Toko Online

Cara Jitu Menaikkan Omzet Toko Online
Membuat toko online memang mudah, yang sulit adalah mendatangkan pengunjung dan memperbesar omzet penjualan toko online anda. Masalah ini akan mudah jika anda mempunyai strategi yang jitu. Berikut ini 7 cara jitu menaikkan omzet toko online :

Mendapatkan Pelanggan Baru
Cara yang pertama tentu saja carilah pelanggan-pelanggan baru, semakin banyak customer anda maka potensi penjualan semakin besar. Jika anda berupaya meningkatkan omzet 100% maka setidaknya pengunjung toko online anda 2x lipat atau lebih dari biasanya. Anda bisa manfaatkan iklan untuk mendapatkan pelanggan baru. Misalnya facebook ads, anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk ini. Tapi lihatlah banyak pengunjung potensial dan tertarget datang ke toko online anda. Jika toko online anda berupa fanpage facebook, ini akan lebih mudah lagi. Pengunjung akan datang membanjiri fanpage toko online anda. Biaya yang anda keluarkan akan terasa kecil jika dibandingkan dengan keuntungan yang anda dapatkan.

Perluas Pasar Anda bisa menargetkan pasar yang lebih luas misalnya pasar luar negeri. Atau anda yang selama ini hanya menjual eceran bisa menargetkan pasar grosir. 

Menjual Lebih Banyak Kepada Customer Yang Sudah Ada Anda boleh sibuk mendapatkan pelanggan baru, tapi anda juga jangan melupakan pelanggan anda sebelumnya. Anda bisa rutin mengirimkan kepada pelanggan anda newsletter secara berkala atau menawarkan produk dengan dengan harga khusus atau tawarkan promo khusus. 

Meningkatkan Pesanan Rata-rata Tawarkan produk yang relevan dengan produk yang ada di cart customer anda. Misalnya customer akan order sandal pesta, maka anda bisa tawarkan tas pesta. Atau anda bisa pop up, misal saat customer akan checkout dengan belanja 200rb maka tawarkan disc 10% untuk pembelanjaan 250rb, dst.

Ekspansi Produk Ini adalah cara yang paling efektif, yaitu ekspansi produk. Anda bisa memperbanyak ragam produk yang ada di toko online anda. Anda bisa intip toko sebelah dan cari tahu produk yang lagi laris manis. Atau jika anda seorang reseller atau dropshipper maka anda bisa mencari supplier produk lainnya untuk memperbanyak produk yang anda awarkan. Ekspansi produk tentu saja membutuhkan riset pasar terlebih dahulu. Semakin banyak produk yang anda tawarkan maka semakin banyak pilihan yang dapat menarik minat customer anda. 

Tingkatkan Harga Ini adalah konsep lama yang masih bekerja. Inilah cara meningkatkan penjualan toko online yang paling mudah dan menarik.Tingkatkan harga Anda dengan persentase yang sangat kecil. Tapi sebagai catatan, Anda tidak boleh seenaknya dalam menaikkan harga barang.Anda tidak harus melakukannya pada semua barang,cukup pilih produk tertentu saja. Tidak harus dalam jumlah besar. Jika Anda meningkatkan harga Anda di seluruh produk dengan 5 persen, pendapatan Anda naik sebesar 5 persen. Risiko kehilangan penjualan ada, tapi itu cukup kecil. Jika kenaikan sekitar 15 persen maka akan sangat mencolok, tetapi tidak untuk kenaikan kecil 1 sampai 5 persen.

Kembangkan Program Reseller Buatlah program reseller. Berikan syarat dan ketentuan yang mudah. Saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi reseller. Beri persentase komisi yang cukup kepada para reseller anda, agar mereka semangat dalam mempromosikan produk anda di media sosial. Dengan reseller anda akan lihat omzet toko online anda akan naik berkali-kali lipat. 
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post